Cemas PKI Bangkit, Isi Piring Diembat Temen

“Mat, gile nih… negara kita bentar lagi bisa jadi Indochina. Gue ‘kopasin’ ke elu ya di WA,” oceh si Adul di warung Bang Jupri.

“Gak usah Dul…! Males gue baca brodkes hasutan kayak gitu…,” bales Mamat.

“Hasutan pegimane…? Nih baca deh… ‘kabarnya’ *bla bla bla dst dst…,” Adul nyerocos. 

“Udah ah… di situ kan dibilang ‘kabarnya’ lain waktu disebut ‘infonya’… kabar dari mane? Gak jelas sumbernya. Info dari mane? Gak ada sumbernya. Apalagi dari judul-judulnya bombastis banget. Sering pake huruf gede semua. Heboh..! Terungkap…! Viral..! Terbongkar…! Itu semua hastuan Dul…,” jelas Mamat.

“Weh… lu gak khawatir negara kita nanti jadi negare komunis China?” tanggap Adul.

“Halah bahasa lu… Lu musti banyak baca beneran. Bukan baca-baca brodkes wasap doangan. Indochina itu nama wilayah di bagian tenggara semenanjung benua Asia, kayak Kamboja, Vietnam, Laos, Thailand… Tuh kawasan namanya Indochina.”

“Lagian soal komunislah, PKI-lah… itu udah ideologi yang gagal, kalau dibandingkan sama ideologi lainnya di dunia. Cuma Kuba, China, dan Korut aja yang masih menganut sistem komunis. Itu pun, Kuba komunisnya gak seperti yang lu bayangin kayak di sejarah kita dimana agama berbenturan keras dengan komunis.”

“Di Kuba, agama dan ibadah menjalankan praktik agama dijamin oleh pemerintah.”

“Di China, praktik komunisme sudah tinggal setengah, setengah lagi mereka tetap menerapkan kapitalisme, meski gak sebebas negara-negara kapitalis lain.”

“Nah Korea Utara, negara itu bener-bener menutup semua akses informasi dari dan ke negara-negara barat. Macam katak hidup di dalam tempurung, mereka taunya negara mereka paling hebat di dunia dan pimpinan mereka masih keturunan dewa.”

“Jadi lu gak usah kemakan hasutan bahaya komunis bangkit di Indonesia. Yang ngomong gitu tuh mereka yang kagak paham soal entu semua… mereka cuma memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat soal komunisme.”

“Jadi masyarakat yang masih kurang banyak baca ini gampang ditipu sama hasutan-hasutan model begituan. Ya wajarlah, tingkat literasi masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Dari 1000 orang cuma 1 yang baca buku,” papar Mamat panjang lebar.

“Gitu ye Mat…,” Adul mulai mikir.

Pisang goreng di piring Adul tinggal satu.

Adul kalau mikir suka laper. Tiba-tiba….

“Dul… awas dul cicek noh di atas kepala lu…!” teriak Mamat.

“Eits..! Mane-mane…!” Adul mendongak. Nyari-nyari cicek di atap warung Bang Jupri.

Ternyata gak ada.

“Ah gak ade Mat… lu bo’ongin gue ya….,” keluh Adul sambil tangannya mau nyomot pisang goreng yang tinggal satu di piringnya.

“Lah…, mane pisang goreng gue…? Lu makan ye Mat….”

“Hahaha…. itulah… orang yang suka nakut-nakutin bahaya akan sesuatu yang gak ada, punya kepentingan ngerebut isi piring orang lain…,” tawa Mamat sambil menuang air putih ke dalam gelasnya.

(ES)

 

Erri Subakti

Erri Subakti

Analis sosial budaya, pegiat sosial media, penulis, saat ini sedang mempelajari digital marketing. Follow me @errisubakti ( https://twitter.com/errisubakti )

Tulis tanggapan anda: