Dandim Kediri Support IKADI Dalam Pembinaan Umat

Dandim Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han) didampingi Danramil Kota, Kapten Inf Harmadi bersama pengurus IKADI (Ikatan Dai Indonesia) Kediri, bertemu sapa langsung dengan jamaah yang hadir di Masjid Baiturahman Kelurahan Semampir Kota Kediri. Acara ini merupakan bagian dari agenda IKADI yang bertujuan menggandeng semua komponen anak bangsa untuk membangun moralitas yang berkepribadian manusia Indonesia ,minggu (09/07/2017)

 

Pada acara ini, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han) meminta waktu para jamaah meluangkan waktu sejenak mendengarkan sedikit wawasan seputar jati diri sebagai manusia Indonesia. Menurutnya, manusia Indonesia itu harus memegang prinsip-prinsip tatanan kehidupan sosial masyarakat yang termuat dalam Pancasila, dan Pancasila itu sendiri bagian yang tidak bisa terleoaskan dari esensi sebagai manusia Indonesia. Pancasila itu ideologi bukan suatu doktrin yang mengarah pada kemusyrikan dari keyakinan agama manapun, dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan menduakan ajaran agama manapun.

 

Lanjutnya, para jamaah diharapkan bisa memilah secara bijak, mana itu ideologi, mana itu doktrin agama, dan tidak tepat atau salah besar bila Pancasila itu mengganggu doktrin suatu agama. Menurutnya, Pancasila ya Pancasila, agama ya agama, keduanya harus dipandang secara terpisah, tidak boleh dicampuradukan, dan para jamaah diharapkan tidak terprovokasi oleh ajaran-ajaran yang menyatakan bahwa Pancasila itu sesat, karena pendapat itu sangat salah besar dan tidak berdasar sama sekali.

 

Pada tausiyahnya, K.H.Anwar Iskandar mendorong para jamaah untuk peka terhadap toleransi bukan intoleransi. Toleransi bisa diaplikasikan dalam bentuk kerukunan antar umat beragama, terutama di Kediri ini. Saling menghargai satu sama lain dan saling menghormati sesama umat beragama adalah bagian terpenting dalam toleransi. Disamping itu K.H.Anwar iskandar juga mencontohkan kondisi terkini di Suriah, Irak dan Yaman yang porakporanda akibat mengabaikan persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Diakhir acara, Drs.H.Abdurahman,SH selaku Ketua IKADI Kediri mempersilahkan Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han), Kapten Inf Harmadi dan K.H.Anwar Iskandar menyerahkan piala kepada para pemenang lomba hafal Al Qur’an yang diselenggarakan oleh IKADI. Saat penyerahan piala lomba hafal Al Qur’an, Drs.H.Abdurahman,SH menjelaskan secara detail klasifikasi pemenang dari lomba ini dan dasar penilaiannya.