FAKTA TENTANG KOPI

Lagi-lagi, kopi menyimpan segudang rahasia dan misteri yang selalu menarik untuk dicari tahu.

 

SEBELUMNYA, kami memang sudah pernah membahas tentang fakta unik tentang kopi di sini. Tapi, kopi memang ibarat harta karun yang tak habis-habis untuk dibicarakan. Bukan hanya tentang kopi itu sendiri, tapi juga tentang segala cerita dan kisah yang telah menyertainya sejak ditemukan pertama kali di Ethiopia berabad-abad silam. Nah, jika Anda adalah penggemar kopi yang juga tertarik dengan “latar belakang” dan apa yang terjadi dengan di balik kopi Anda selama ini, simak 10 fakta menarik tentang kopi yang mungkin belum pernah Anda tahu berikut ini.

 

1. Kopi juga dianggap sebagai sebuah afrodisiak. (Di istilah kedokteran, afrodisiak adalah substansi yang bisa meningkatkan libido ketika dikonsumsi). Karena kopi mengandung dosis kafein yang cukup tinggi dan beberapa kandungan alkaloid berbeda sehingga kopi juga bisa meningkatkan stamina dan, well, “menambah energi” juga.

 

2. Meskipun kopi sudah menjadi bagian dari budaya Arab selama ribuan tahun, tapi kopi belum menjamah wilayah negara-negara Barat sampai tahun di 1500-an. Sebelum sampai ke masa itu, para pendeta dan imam meyakini bahwa kopi adalah minuman setan. Lol. Persepsi itu akhirnya dipatahkan setelah Paus Clement VIII mulai mengkonsumsi kopi, menyesapnya dan memberikan berkatnya atas kopi tersebut.

 

3. Hari kopi resmi di Jepang adalah setiap tanggal 1 Oktober. –Oke, yang ini mungkin sebagian sudah tahu.

 

 

4. Setiap 1 acre (atau setiap sekitar 0,4 hektar) tanah yang ditanami oleh pohon-pohon kopi bisa menghasilkan hampir 10 ribu coffee cherries (buah kopi). Nah, jika cherry-cherry kopi ini dikuliti, maka dalam 1 acre itu bisa menghasilkan hampir 2.000 pon (atau 1.000 kg) biji kopi.

 

5. Dari 50 negara bagian Amerika Serikat, 49 diantaranya benar-benar tidak bisa menanam pohon kopi. Satu-satunya negara bagian Amerika yang bisa menumbuhkan tanaman kopi hanya Hawaii. Di luar itu, satu-satunya wilayah/teritori kekuasaan Amerika yang bisa ditumbuhi kopi adalah Puerto Rico.

 

6. Jerman adalah konsumen atau peminum kopi ketiga terbesar di dunia. (Nomor satunya Scandinavian). Namun 49% dari peminum kopi di Jerman itu suka menambahkan pemanis ke dalam kopi mereka. Amerika Serikat, yang berada di posisi kedua, hanya 27% dari peminum kopinya yang menambahkan macam-macam pemanis ke dalam kopi. Sementara orang-orang Scandinavia… well, dari sering sekali-nya orang-orang Scandinavia memenangkan berbagai kompetisi kopi bergengsi di dunia, tentulah kalian sudah bisa menebak bagaimana gaya minum kopi orang-orang ini bukan? :p

 

7. Kata Bahasa Inggris dari ‘coffee’ berasal dari Bahasa Latin, yaitu coffea. Coffea sendiri adalah nama Latin dari sebuah genus pohon.

 

8. Setiap negara (dari keseluruhan 53 negara) yang bisa menumbuhkan kopi, semuanya berada di sepanjang garis khatulistiwa, yaitu diantara tropic Cancer dan Capricorn.

 

9. Rata-rata orang-orang yang memesan kopi dari jendela drive-through sebelum pergi ke kantor, jika dikalkulasikan, maka mereka menghabiskan kira-kira 45 jam dalam setahun itu hanya untuk mengantri saja sebelum akhirnya mendapatkan kopi pesanan.

 

10. Minyak bumi adalah satu-satunya produk yang diperdagangkan lebih banyak dari kopi. Yes, kopi menempati urutan kedua. Total jumlah produksi kopi dari seluruh dunia adalah hampir 6 juta metrik ton setiap tahunnya. Hmm, kira-kira “sumbangan” produksi kopi dari Indonesia ada berapa ya?

Pejuang Kopi

Pejuang Kopi

saya mah apa atuh..

Leave a Reply