Gak Siap Menang

“Dul, nape lu muka ditekuk kayak seribuan lecek?”

“Bete gue Mat…. Nih liat…,” pungkas Adul sambil ngasih ‘hape’-nya ke Mamat.

Mamat lihat sebentar, lalu senyumnya mengembang.

“Wah… gile lu…! Hebat Dul…! Jadi elu menang lomba nulis humor di Jagat Ngopi ya…. Dapet nih duit 500 rebu…. Makan-makan dong Dul… traktir…,” cerocos Mamat.

“Nah entu masalahnye kenape gue bete…,” Adul menghela nafas.

Dia lanjutkan, “Lu kan tau… gue sekarang lagi gak gablek kerjaan. Duit cekak, nah soal kabar gue menang itu udah diketahui sama anak-anak gang keran…. Sama aje mereka kayak elu, begitu tau gue menang, pada minta traktir…!”

“Ya.. elu traktirlah anak-anak…,” ucap Mamat enteng.

“Ye… emangnya duitnya langsung jatoh dari langit? Ya gue belom peganglah tuh duit maratus rebunya…. Tadi gue telepon ke bagian yang ngurus hadiahnya, katanya lagi diproses, paling cepet sebulan lagi. Tapi bisa juga cairnya bulan depan…,” keluh Adul.

“Waduh…!” Mamat bengong.

“Makenye…. tau begini mending kagak usah menang sekalian dah….” Adul nyesel.

“Yee…, jangan gitu Dul… udah menang ya lu syukurin dong…. tinggal lu kasih pengertian aja sama anak-anak, nraktirnya nanti kalo duit udah ada,” usul Mamat.

“Gak bisa Mat….”

“Kenape?”

“Tuh liat Bang Dudung depan kite udah senyam-senyum dengerin gue bakal dapet duit….”

Bang Dudung mulai ngitung utang-utang Adul dengan kalkulatornya.

“Jadi utang-utang lu semuanya total… empat ratus sembilan puluh delapan rebu, Dul,” samber Bang Dudung sumringah.

“Yaaaaahhhh…. lah cuma sisa dua rebu dong nanti duit gue…. Maaattt.. bayarin dulu deh utang gue tuh sama Bang Dudung….”

***

(ES)

Erri Subakti

Erri Subakti

Analis sosial budaya, pegiat sosial media, penulis, saat ini sedang mempelajari digital marketing. Follow me @errisubakti ( https://twitter.com/errisubakti )

Tulis tanggapan anda: