Hujan Salju, Ternyata Busa

 

Berita viral yang tersebar di media social tentang adanya hujan salju di sekitaran senayan, Jakarta Pusat tepatnya di depan Ratu Plaza pada hari Sabtu 6 Mei 2017 pukul 17.10 WIB, ternyata berasal dari cairan sejenis sabun yang menimbulkan busa. Tim piket siaga bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta melakukan investigasi dengan terjun langsung ke lokasi. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak MRT Jakarta, cairan sabun sejenis Surfactant Liquid tersebut biasa digunakan sebagai alat bantu untuk melunakan tanah dalam proses pengeboran dan cairan tersebut termasuk kedalam kategori tidak berbahaya bagi lingkungan maupun keselamatan manusia.

 

Kejadian tersebut berawal pada pukul 16.30 WIB ketika seorang karyawan kontraktor menggunakan cairan tersebut untuk membersihkan peralatan dilokasi proyek MRT di Patung Pemuda. Namun yang bersangkutan lupa menutup kembali kran tanki tersebut. Dalam waktu bersamaan pada pukul 17.00 WIB turun hujan dalam kategori ekstrim (138 mm perhari) menyebabkan cairan tersebut ikut dengan cepat mengalir ke jalan Jendral Sudirman dan menimbulkan busa sepanjang 200 meter dari lokasi proyek hingga depan Ratu Plaza.

 

Upaya yang dilakukan dari pihak proyek MRT Jakarta adalah melakukan penyemprotan dengan menggunakan air ditambahkan polymer (untuk mengikat busa supaya cepat hilang). Pada pukul 18.30 WIB seluruh busa sudah bisa dibersihkan dari jalanan tersebut.

 

Hingga saat ini pihak MRT Jakarta masih melakukan investigasi terhadap kelalaian petugas kontraktor yang menyebabkan kejadian ini.

 

Sumber :

Direktur Utama PT Mass Rapid Transit (MRT) William P Sabandar

Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (Pusdatin) BPBD Provinsi DKI Jakarta

Call Center Jakarta Siaga 112