Ini Dia, Anggota Dewan Pengusul Hak Angket atas KPK

Dengan segala kontroversinya Hak Angket terhadap KPK sudah di ketok  DPR RI. Sidang Paripurna (23/4) yang di pimpin Fachri Hamzah itu diwarnai protes dan berujung walk out oleh  sebagian anggota DPR karena aspirasinya tidak direspon Pimpinan Sidang. 

Betapapun, ketokan cepat Fachri Hamzah sudah menandai diputuskannya Hak Angket DPR atas KPK. Berdasarkan Pasal 79 ayat 3 Undang-undang nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), hak angket adalah hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap suatu undang-undang dan atau kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Persoalannya sekarang, siapa sebenarnya perwakilan Fraksi-Fraksi DPR yang mengusulkan Hak Angket atas KPK dengan segala kontroversinya. 

Pada Lembar Kerja DPR yang memuat Daftar Pengusul terdapat beberapa nama yang secara berurutan bisa disebutkan sebagai berikut : Posisi paling atas dengan nomor Anggota 376 atas nama nama Desmon Junaidi Mahesa dari Fraksi Gerindra, di susul Nomor Anggota 528 atas nama H. Asrul Sani dari Fraksi Persatuan Pembangunan, lalu Daeng Muhammad dari Fraksi PAN. 

Nama-nama pengusul berikutnya sesuai Fraksinya adalah Nawafie Saleh, Ahmad Zacky Siradj dan Adies Kadir, ketiganya dari FPG, Ahmad Sahroni dan Taufiqulhadi, Keduanya dari F Nasdem. Terakhir Dossy Iskandar dari Fraksi Hanura.