INI DIA MANIFESTO FORUM SILATURAHMI BANGSA

Deklarasi Forum Silaturahmi Bangsa (FSB) yang dihelat di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari, Jakarta Barat telah selesai dan menghasilkan beberapa Petisi Organisasi. Forum yang beranggotakan awal 200 orang yang terdiri dari alim ulama dan kyai kampung dari seluruh kawasan di DKI Jakarta menyepakati Manifesto berikut :

 

MANIFESTO  FORUM SILATURAHMI BANGSA (FSB)

Isu SARA (suku, agama, ras dan antar golongan) dalam politik Indonesia kian merebak. Isu SARA dimainkan sedemikian terbuka dengan variable ujaran kebencian (hate speech) di muka umum, melalui ceramah-ceramah dan berbagai media sosial. Kondisi ini diperparah dengan adanya gerakan kelompok radikal yang berani secara terbuka merongrong ideologi negara Pancasila. 

Fakta tersebut menimbulkan kegelisahan bagi sebagian anak bangsa yang tidak akan membiarkan negara ini terpecah-belah yang pada gilirannya mengganggu proses pembangunan yang sedang berjalan.

Dalam konteks tegaknya ideologi Pancasila, negara harus dibela oleh segenap anak bangsa. Maka, Forum Silaturahmi Bangsa ( FSB ) didirikan sebagai respon dari kondisi sosial-politik yang ada saat ini : 

1. Forum Silaturahmi Bangsa ( FSB ) didirikan oleh sekelompok generasi muda Islam yang memiliki komitmen kuat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di bawah naungan Pancasila dan UUD 45. 

2. Forum Silaturahmi Bangsa ( FSB ) didirikan dengan tujuan mengajak seluruh elemen bangsa untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan toleransi antar semua golongan di Indonesia, baik golongan agama, suku , ekonomi, sosial, budaya dan politik, demi menciptakan kehidupan yang damai, berkeadilan dan berkeadaban. 

3. Forum Silaturahmi Bangsa ( FSB ) merupakan organisasi terbuka dan siap bekerjasama dengan semua elemen bangsa yang memiliki komitmen kebangsaan, toleransi dan berupaya menciptakan kehidupan yang harmonis serta berkeadilan. 

4. Forum Silaturahmi Bangsa ( FSB ) akan menjalankan cita- cita pendiriannya dengan mengembangkan konsep pendidikan, negara berkeadilan dan kepemimpinan (leadership) 

5. Forum Silaturahmi Bangsa ( FSB ) akan melibatkan seluruh masyarakat dan menularkan nilai- nilai persaudaraan dan kemanusiaan kepada seluruh elemen bangsa. 

6. Forum Silaturahmi Bangsa ( FSB ) bukan organisasi politik, tapi ikut menciptakan sistem berpolitik yang beradab dan mendorong terciptanya iklim demokrasi yang berkualitas di Indonesia. 

7. Forum Silaturahmi Bangsa ( FSB ) mendorong terciptanya pemahaman keagamaan dan kebangsaan yang harmoni dalam rangka membendung penyebaran radikalisme dan ekstrimisme di Indonesia. 

8. Mendukung pemerintah dalam membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) karena telah terbukti sebagai organisasi pengusung ideologi yang bertentangan dengan ideologi negara Pancasila. 

 

Jakarta, 21 Mei 2017

 

   Ketua Umum          Sekretaris Jendral

 

KH. Zuhri Yakub     H. A. Djunaidi Sahal 

 

Tulis tanggapan anda: