Kesepahaman Lintas Sektor Dalam Sosialisasi Imunisasi MR

Sosialisasi imunisasi Measles Rubella berlangsung siang ini di aula Makoramil 15/Kandangan, acara ini sendiri merupakan bagian dari agenda Puskesmas Kandangan untuk mempublikasikan imunisasi MR kepada warga Kandangan. Hadir pada kegiatan tersebut, Danramil Kandangan ,Kapten Czi Kustoyo, Kapolsek Kandangan, AKP Eko Sanusi dan Camat Kandangan, Sunar Utomo, serta ibu-ibu pengurus Posyandu se-Kecamatan Kandangan, kamis (27/07/2017)

 

“Kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya,” kata dr.Linda Handoko dari Puskesmas Kandangan diawal paparannya

 

Lanjutnya ,campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru, radang otak, kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

 

“Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus,” pungkas dr.Linda Handoko.

 

Kapten Czi Kustoyo berharap sosialisasi ini bisa sesuai dengan prakteknya nanti, terutama saat pelaksanaan imunisasi MR yang bakal dilangsungkan di seluruh wilayah Kecamatan Kandangan. Selain itu, sosialisasi ini sedikit banyak memberikan gambaran apa itu imunisasi MR, sehingga bila ada warga yang bertanya, ibu-ibu pengurus posyandu bisa menjawabnya dengan tepat.

 

 

Tulis tanggapan anda: