Ketua KODI DKI : Konflik Rohingya Harus Diselesaikan Multi Pendekatan

Jakarta, Jagatngopi.com-Ketua Koordinasi Dakwah Islam (KODI) DKI Jakarta, KH. Jamaluddin F. Hasyim angkat bicara terkait konflik Rohingya yang selama ini telah dan sedang berlangung. 
 
Menurut KH. Jamaluddin F. Hasyim atau yang biasa dipanggil dengan Gusjim, konflik Rohingya harus multi pendekatan. 
 
“Konflik Rohingya harus diselesaikan multi pendekatan, ya politis, ya kemanusiaan, ya diplomatik. Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN dan negara terbesar Muslim di kawasan tersebut bahkan dunia, harus memainkan peran sangat strategis dalam masalah ini,” tegas Ketua KODI DKI ini. 
 
Mengapa kita peduli Rohingya? lanjut Gus Jim, Alasan pertama adalah kemanusiaan, alasan lainnya yang sama kuatnya adalah solidaritas sesama Muslim. 
 
Lebih lanjut Gus Jim memaparkan bahwa, langkah kemanusiaan yg diambil pemerintah dan kelompok masyarakat sudah bagus, namun harus lebih dari itu, langkah diplomatik berupa lobby antar pemerintah, dan juga langkah politik berupa tekanan kepada pemerintah Myanmar harus dilakukan.
 
“Pemerintah perlu menggalang dukungan sesama ASEAN dan PBB. Apalagi dunia internasional sudah mulai memberikan perhatian, meskipun masih sangat kurang,” tutur Kiyai Jamaluddin F. Hasyim ini. 
 
Masih kata Ketua KODI DKI, Pemerintah juga harus peka terhadap rasa terluka sebagai saudara seiman dari umat Islam Indonesia yang menyaksikan saudaranya diperlakukan secara keji dan biadab.

Tulis tanggapan anda: