KH. Jamaluddin F. Hasyim :Dai Harus Bisa Mengayomi Semua Lapisan Masyarakat

Jakarta, Jagatngopi.com- Ketua Koordinasi Dakwah Islam (KODI) DKI Jakarta, KH. Jamaluddin F. Hasyim memberikan sambutan dalam acara wisudawan-wisudawati Pelatihan Kader Mubaligh (PKM), angkatan XXIII di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Acara tersebut dihadiri oleh para petinggi pemerintahan, ulama dan sekaligus menghadirkan Ketua Majlis Ulama Indonesia  (MUI), KH. Ma’ruf Amin, Sekretaris KODI, KH. Syamsul Ma’arif,  Peserta PKM angkatan XXIV, dan seluruh tamu undangan lainnya.

KH. Jamaluddin memberikan sambutan dan beberapa terobosan kedepannya salah satunya yaitu menerapkan aplikasi yang bisa memberikan manfaat bagi tersebarnya dakwa Islam. Tak hanya itu KH. Jamaluddin juga memberikan pengertian dan makna bahwa Dai atau Mubaliigh adalah Dai yang mengayomi seluruh lapisan masyarakat.

”Dai Kodi adalah Dai yang tidak radikal, Dai yang menumbuhkan semangat Islam yang Rahmatan lil’alamin, Islam yang ramah bukan Islam yang marah, Islam yang mengajak bukan Islam yang menginjak, Islam yang merangkul bukan Islam yang memukul, Islam yang mengikat bukan Islam yang menghujat,” tutur Ketua Yayasan Dakwah Syiarul Islam (YADAI) ini.

Menurut KH. Jamaluddin para ulama terdahulu seperti Wali Songo  berhasil mengislamkan umat yang meyaoritas Hindu, yaitu dengan ramah, lemah lembut, bukan dengan cara yang keras.

“Kita akan memberikan alternatif dakwah yang dari dulu dikembang oleh para Ulama Wali Songo yang dibawa ke Indonesia yang berhasil mengislamkan ummat yang mayoritas Hindu di Nusantara, dan belum pernah terbukti Islam dengan gaya yang keras bisa mengubah orang untuk masuk ke dalam Islam orang bisa masuk kalau ia dirangkul di sentuh hatinya, karna itu Insya Allah Dai KODI alumni PKM adalah Dai-Dai jaminan mutu,” ungkap Ketua KODI DKI Jakarta ini.