Kodim 0809/Kediri Siap Amankan Lebaran Di Kediri

Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung jari bakal tiba, dan arus mudik lebaran sudah didepan mata, Kodim 0809/Kediri bersama Polresta Kediri dan Polres Kediri sudah mempersiapkan diri mengamankan jalannya agenda religi sekaligus tradisi turun temurun pasca Lebaran. Posko pengamanan lebaran sudah berdiri di beberapa lokasi strategis dan penempatan personil TNI dan Polri juga sudah dalam kondisi stand bay mengamati dan mencermati situasi disekitarnya secara update, jumat (23/06/2017)

 

“Ada 13 posko prioritas yang sudah berdiri, 7 posko masuk wilayah hukum Polresta Kediri dan 6 posko berada di wilayah hukum Polres Kediri. Dari 13 posko ini, Kodim Kediri sudah menempatkan personilnya sesuai kebutuhan dan permintaan dari pihak Kepolisian, dalam hal ini Polresta Kediri dan Polres Kediri. Kita konsisten mengamankan Kediri dari segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban, khususnya pasca lebaran mendatang,” jelas Dandim Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han).

 

Kodim Kediri juga sudah menyiapkan penyebaran personil ke berbagai lokasi ,saat Shalat Idul Fitri berlangsung diseluruh Kota dan Kabupaten Kediri. Untuk pengamanan saat Shalat Idul Fitri, seluruh Danramil jajaran Kodim Kediri sudah menyiapkan seluruh Babinsanya untuk membantu pengamanan di lokasi, baik bekerjasama dengan Babinkamtibmas setempat maupun dengan Linmas, Banser NU ,Karang Taruna hingga Remaja Masjid.

 

“Secara garis besar kita memprioritaskan semua lini untuk dilakukan pengamanan, dari pengamanan arus mudik hingga arus balik, pengamanan saat malam takbiran ,pengamanan Shalat Idul Fitri dan pengamanan di lingkungan masyarakat. Khusus untuk pengamanan malam takbiran, semua Babinsa harus melakukan pendekatan persuasif kepada pihak panitia atau penyelenggara yang mengadakan takbir keliling atau konvoi malam takbir. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir segala kejadian yang tidak kita inginkan, terutama keselamatan jiwa, karena sebagian besar peserta takbir keliling atau konvoi malam takbir diikuti anak-anak,” pungkas Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han).

 

Pengamanan pasca lebaran di lingkungan masyarakat, seluruh Danramil jajaran Kodim Kediri sudah menginstruksikan seluruh Babinsa untuk mengkampanyekan kewaspadaan dini kepada warga, terutama bagi yang akan mudik lebaran, karena secara otomatis rumah huniannya bakal kosong. Kewaspadaan itu antara lain, memeriksa kondisi pintu dan jendela apakah sudah terkunci rapat atau belum, memeriksa pipa atau tabung gas LPG dan mempertimbangkan aliran listrik apakah perlu dimatikan atau masih dinyalakan seperlunya.

 

 

 

Tulis tanggapan anda: