Makna Penting Kirab Bendera Di Apel Kesetiaan Kader Penggerak NU Jawa Tengah

jagatngopi.com (16/4) Acara kolosal PWNU Jawa Tengah yang bertajuk Istighotsah dan Apel Kesetiaan Kader NU atas Pancasila dan NKRI berlangsung dengan penuh khidmat, lancar dan meriah. sebanyak 16.665 kader dari berbagai wilayah di di Jawa Tengah ngelurug ke pantai Petanahan Kebumen yang Indah itu. Secara keseluruhan acara terlaksana dengan sukses. Kholison Syafii. salah satu panitia Apel menyampaikan bahwa secara keseluruhan acara terlaksana dengan baik tanpa halangan yang berarti.

“keseluruhan acara, baik istighotsah maupun prosesi pengucapan janji setia atas Pancasila dan NKRI berjalan lancar”.

Seperti disampaikan Kholison bahwa apel yang diselenggarakan selama dua hari, 15-16 Apri 2017 di Pantai Petahanan Kebumen ini diisi dengan berbagai prosesi-prosesi yang melambangkan kesetiaan terhadap Pancasila dan NKRI. Seperti ucapan Janji Setia Kader dan Kirab Bendera Merah Putih sebanyak 5 kibaran dan Bendera lambang NU sebanyak 94 kibaran.

Janji Setia Kader memuat beberapa prinsip-prinsip penting yang harus di pegang erat setiap Kader NU di tempat mana pun dan di waktu kapan pun. Beberapa muatan penting sumpah dan atau janji Kader di antaranya. (1) Kesetiaan terhadap paham ahlussunnah wal jamaah annahdliyah (2) Menjunjung tinggi martabat para ulama (3) Siap menghadapi musuh yang akan merusak Pancasila dan NKRI.

Kholison melanjutkan bahwa jumlah kibaran bendera tersebut mengandung arti penting berkaitan dengan politik kebangsaan Nahdlatul Ulama menuju 1 abad usia Nahdlatul ulama.

“Jumlah 5 pada bendera Merah Putih melambangkan Pancasila dan jumlah 94 melambangkan usia Nahdlatul Ulama. Usia yang bisa dikatakan matang dalam mengarungi setiap cobaan dan rintangan menuju 100 tahun NU” lanjut Kholison.