Orang yang Berkualitas Menurut Pandangan Islam

Jakarta, Jagatngopi.com-Kualitas seseorang dalam pandangan Islam bukan dinilai dari seberapa tinggi ilmunya, seberapa banyak buku yang ia baca, seberapa banyak buku yang ia tulis, seberapa dalam ilmu yang ia kuasai, seberapa jauh ia berkelana, seberapa banyak jabatan yang ia pegang, seberapa banyak organisasi yang ia ikuti, seberapa banyak harta yang ia miliki, seberapa bagus rumah yang ia tempati, seberapa mewah mobil yang ia kendarai.

Namun, kualitas seseorag menurut pandangan Islam adalah seberapa taqwakah ia kepada sang penciptanya, Allah swt.?  Seberapa jauhkah ia dalam menjalankan ketaatan terhadap perintah Allah swt.?

Ungkapan dan pernyataan tersebut berdasarkan kutipan dari Firman Allah swt dalam Qs. Al-Hujurat : 13, yang artinya : “Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu sekalian di sisi Allah swt. Adalah yang paling taqwa di antara mu.

Taqwa dalam kalimat tersebut, mempunyai arti yang mendalam, yaitu, menjalankan segala perintah Allah swt. dan menjauhi segala larangannya, baik itu perintah perbuatan ‘ubudiyyah, maupun perbuatan sosial dalam berkehidupan di dunia.

Jadi, jelas bahwa orang bisa dikatakan berkualitas menurut pandangan Islam adalah orang yang paling taqwa.

Oleh karena itu, marilah kita tingkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah. Swt.