Pengajian FSB Kali ini menyoal Perintah, Larangan dan yang Dianjurkan

Jakarta, jagatngopi.com—Pengajian Forum Silaturahmi Bangsa, Jakarta Pusat yang membedah kitab Lawaqih Al Anwari Al Qudsiyah Fii Bayan Al ‘Uhud Al Muhammadiyah di RA Baitul Hikmah Jl. F Raya No 1 RT 06/010 Cempaka Baru Kemayoran Jakarta Pusat, sudah masuk kajian ke 2. Untuk sementara, pengajian yang dihadiri lebih dari 60 peserta tersebut masih berkisar di pengenalan dan atau pendahuluan yang ditulis sang penyusun kitab.

Memasuki kajian ke 2 ini, sesuai informasi yang jagatngopi.com peroleh, beberapa kesimpulan yang disampaikan KH. Nasrudin Latif  antara lain:

Pertama, dalam syariat setidaknya ada 3 : Pertama adalah tentang perintah (amr), kedua adalah tentang larangan (nahyun), dan yang ketiga adalah sesuatu yang dianjurkan (murghibun) tetapi syariat tidak mengatur dengan jelas wajib atau tidaknya. Tidak seperti amrun dan nahyun yang sudah jelas.

Kedua, perkara yang dianjurkan ini seperti shalat sunnah qobliyah ba’diyah. Karena kedua shalat tadi sebagai pelengkap dari shalat fardlu.

Sekretaris Jenderal Forum Silaturahmi Bangsa (FSB) H. Junaidi Sahal, bersyukur atas kuatnya antusisme masyarakat mengikuti pengajian tersebut.

“Saya sendiri mengikuti pengajian ini, dan saya melihat banyak masyarakat yang ingin ikut menimba ilmu dari kitab para ulama ini, tapi sayang tempatnya belum bisa menampung semua, semoga kegiatan-kegiatan positif seperti ini bisa terus kita kembangkan.” Jelasnya.

Tulis tanggapan anda: