Persiapkan Sejak Dini Linmas Jelang Datangnya Idul Fitri

Kali ini atau tepatnya sore kemarin, puluhan anggota Linmas se-Kecamatan Gurah telah mempersiapkan sejak dini ,guna ikut mengawal kemanan dan ketertiban jelang datangnya Idul Fitri. Peran Linmas dalam keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, tidak lepas dari sumber daya manusia itu sendiri, kendati faktor-faktor lain juga turut mempengaruhinya, salah satunya ialah kesejahteraan, rabu (14/06/2017)

 

Bakesbangpolinmas Kabupaten Kediri bekerjasama dengan Koramil 12/Gurah, mengadakan pembinaan dan pelatihan angggota Linmas yang berdomisili di Kecamatan Gurah. Tujuan pembinaan dan pelatihan yang berlangsung 1 hari tersebut, bertujuan membentuk karakter tanggungjawab moral terhadap keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, terutama saat H-3 Idul Fitri atau H-3 1 Syawal hingga H+3 Idul Fitri di wilayah Kecamatan Gurah.

 

Pembinaan dan pelatihan Linmas yang ditempatkan di Makoramil Gurah dan pelataran Pegadaian Gurah tersebut, lebih difokuskan pada materi pelatihan baris berbaris secara singkat dan pembinaan mental serta wawasan kebangsaan. Khusus untuk materi wawasan kebangsaan, langsung diberikan oleh Danramil Gurah, Kapten Inf Tugas M.Ali, dan acara tersebut berlanjut hingga datangnya tanda berbuka puasa ,sekaligus berbuka bersama di kantor Pegadaian Gurah.

 

“Peran Linmas tidak dapat dipungkiri, sangat dominan ketika momentum Pemilu atau Pilkada berlangsung, tetapi juga dapat dihindari juga, permasalahan kesejahteraan anggota Linmas juga perlu diperhatikan secara khusus. Saat ini masih bulan Ramadhan ,tetapi persiapan sejak dini jelang Idul Fitri harus dipersiapkan secara matang, dan hal itu harus benar-benar dicermati, terutama saat mudik lebaran, banyak rumah hunian yang kosong,” kata Kapten Inf Tugas M.Ali.

 

 

Lanjut Kapten Tugas M. Ali ,secara hitung-hitungan, bulan Ramadhan masih berlangsung hampir 2 pekan lagi, tetapi idealnya persiapan perekrutan Linmas yang akan menempati posisinya masing-masing di lokasi sudah harus dipersiapkan. Anggota Linmas yang saat ini ditempa pelatihan dan pendidikan ditempatkan secara strategis oleh pihak Kecamatan bukan pihak Desa, untuk itu lokasi penempatannya juga sudah diperhitungkan, agar bisa membantu TNI dan Polri saat menjalankan tugas ketika arus mudik lebaran terjadi.

Tulis tanggapan anda: