Puluhan Bendera Merah Putih Berkibar Di Tower Kediri

Motivasi untuk membangkitkan nasionalisme pada HUT RI ke 72, dilakukan Kodim 0809/Kediri dengan mengibarkan bendera merah putih di tower-tower yang ada di Kota maupun Kabupaten Kediri. Dalam pelaksanaannya sendiri, tower-tower yang berkedudukan di Kota Kediri, diawasi langsung Kasdim Kediri, Mayor Inf Joni Morwantoto, sedangkan tower-tower yang ada di Kabupaten Kediri ,diawasi langsung Pabung Kodim Kediri, Mayor Inf Puguh Jatmiko, selasa (15/08/2017)

 

Dandim Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han) mengkonfirmasikan, ukuran bendera yang sudah disiapkan Kodim Kediri cukup besar dan relatif berukuran jumbo, dibanding bendera-bendera pada umumnya. Tower-tower yang diijadikan tempat pengibaran bendera juga sudah dikonfirmasikan terlebih dahulu kepada pemilik tower, baik yang berstatus BUMN maupun BUMD.

 

Pengibaran bendera diatas tower dengan di tiang-tiang bendera pada umumnya jelas sangat jauh berbeda, baik tingkat kesulitan maupun jenis kain dari bendera itu sendiri. Untuk jenis kain, tentu harus lebih tebal dan mampu bertahan menghadap terjangan angin yang ada diatas, apalagi di musim kemarau ini angin bertiup sangat kencang, berbeda dengan bendera yang berada di tiang-tiang bendera pada umumnya yang kurang mendapat terjangan angin, karena terhalang begitu banyak pohon maupun bangunan. Tali yang digunakan juga sudah jelas berbeda dibanding tali-tali pada umumnya, selain harus kuat menghadapi tekanan bendera yang berkibar mengikuti arah angin, tali ini juga harus kuat pada ikatan atas hingga bawah pada tower.

 

Tingkat kesulitan tertinggi juga terjadi pada saat pemasangan, kendati ada yang ditarik ulur, pemasangan roda tarik ulur juga harus dipasang diatas tower, dan pemasangan itu sendiri harus penuh kecermatan, bila lengah sedikit bisa berakibat fatal pada keselamatan jiwa si pemasang roda tarik ulur. Demikian juga pemasangan permanen bendera yang ada di tower atau tanpa di tarik ulur dari bawah, perlu peralatan dan perlengkapan yang memenuhi standard keselamatan jiwa bagi si pemasang bendera. Pada umumnya, peralatan dan perlengkapan yang digunakan si pemasang bendera, biasa digunakan para pendaki gunung.

 

 

Tulis tanggapan anda: