Puluhan Ribu Massa NU Cilacap Turun Jalan Tolak FDS

CILACAP, KNB;Sekitar 12 ribu  massa NU dari Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, meggelar aksi damai menolak Full Day School (FDS) usai sholat Jumat. Pada hari yang sama, sekitar 20 ribu warga NU Kota Tegal juga melakukan hal yang sama. 

Sama dengan tuntutan warga NU di sejumlah daerah, massa NU di Tegal dan Cilacap ini juga menuntut Mendikbud untuk mmbatalkan Permendikbud No. 23 2017 tentang 5 Hari Sekolah. 

Aksi di Cilacap  dipusatkan di Alun-alun Kota Cilacap. Massa NU ini menyerukan satu tuntutan yang sama,yakni Menolak 5 hari sekolah yang diatur dalam Permendikbud no 23 th 2017.

Aksi dipimpin oleh  Munir Nur Said , Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Cilacap. Dalam orasunya Ia membacakan empat butir pernyataan sikapnya. 

Pertama, Warga NU Cilacap menolak dengan tegas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. “Kami menolak karena tidak sesuai dengan Undang-Undang Dasar tahun 1945 dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang nyata-nyata telah menimbulkan keresahan di masyarakat”, kata Munir Said dalam orasinya, Jumat.

Kedua, NU Cilacap juga menolak dengan tegas, kebijakan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, yang melakukan tindakan sewenang-wenang, dengan tetap memaksakan kehendak untuk menerapkan 5 (Lima) Hari Sekolah di satuan pendidikan yang ada, tanpa memperhatikan aspirasi penolakan yang berkembang di masyarakat.

“Ketiga kami  dengan sangat tegas menolak pemaksaan penerapan kebijakan 5 (Lima) Hari Sekolah, karena telah nyata mencederai prinsip-prinsip deliberasi sosial dan pengingkaran tersktruktur terhadap kekayaan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat, yang telah terbukti sumbangsihnya terhadap pembangunan, penguatan dan pendidikan karakter bagi bangsa Indonesia”, Munir Nur Said.

Keempat, NU Cilacap mendesak kepada Presiden Republik Indonesia untuk segera Mencabut dan Membatalkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah. Selanjutnya massa NU Cilacap meminta Pmerintah agar  menerbitkan Peraturan Presiden Tentang Pendidikan Karakter yang bersifat Holistik, Integratif dan Non-Diskriminatif. ##


Foto: Rois Syuriah PCNU Cilacap, KH Su’ada Adzkiya bersama ribuan Massa NU menggelar aksi Tolak Full Day School di alun alun Kota Cilacap, Jawa Tengah, hari Jumat.Mereka meminta agar Permendikbud NO 23 Th 2017 dibatalkan demi Eksestensi Pesantren dn Madin mereka. (Court: HD Rwn)

KNB Banyumas Banyumas

Agus Mar

Komunitas NU Banyumas (KNB)

Tulis tanggapan anda: