Siskamling Menjaga Silaturahmi dan Memperkuat Peseduluran

 

PURBALINGGA, DINKOMINFO- Kegiatan siskamling (sistim keamanan lingkungan), selain untuk menjaga keamanan dan ketertiban juga bermanfaat menjaga silaturahmi dan memperkuat peseduluran, sehingga tercipta masyarakat yang guyub, rukun dan kompak. Kegiatan siskamling juga merupakan salah satu upaya masyarakat mencintai tanah airnya,  karena siskamling merupakan salah satu bentuk bela negara.

 

Siskamling yang giat dilaksanakan oleh masyarakat Desa Pekalongan Kecamatan Bojongsari, mendapat apresiasi Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. Wabup Tiwi mengaku bangga sekaligus berbahagia, pelaksanaan siskamling yang baik dari masyarakat Pekalongan, mengantarkan desa Pekalongan mewakili Kabupaten Purbalingga mengikuti lomba desa aman dan siskamling tingkat Provinsi Jawa Tengah.

 

“Saya berharap, pelaksanaan siskamling yang baik di Desa Pekalongan menjadi menginspirasi bagi desa lainnya, sehingga akan tercipta lingkungan yang kondusif mewujudkan Purbalingga yang aman, dan terhindar dari permasalahan keamanan,” kata Wabup Tiwi.

 

Hal itu disampaikan Wabup Tiwi saat memberikan sambutan pada penilaian lomba desa aman dan siskamling tingkat Provinsi Jawa Tengah di Desa Pekalongan Kecamatan Bojongsari, Selasa malam (03/05). Terkait lomba desa aman dan siskamling, yang dilaksanakan oleh Polda Jawa Tengah, Wabup Tiwi sangat menyambut baik, karena esensinya akan menggelorakan kembali semangat gotong royong dan siskamling yang saat ini mulai luntur.

 

Menurut Wabup Tiwi, gangguan kamtibmas sangat rentan terjadi, dan menjaga keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan dan penegak hukum, namun sangat dibutuhkan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah dan sudah seharusnya keamanan di tiap wilayah menjadi tanggungjawab masing-masing masyarakat yang menempatinya.

 

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Desa Aman dan Siskamling dari Polda Jawa Tengah, AKBP Parasian H. Gultom SIK M.Si. mengatakan, keamanan adalah investasi yang merupakan tanggungjawab bersama, dan pada hakekatnya, yang diharapkan dari pelaksanaan lomba adalah sinergitas seluruh komponen masyarakat dan pemerintah untuk bersatu padu bekerja sama mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat. (t).