SMA Negeri 1 Kutasari Juara 1 Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi

 

PURBALINGGA-DINKOMINFO​, SMA Negeri 1 Kutasari, Kecamatan Kutasari meraih juara 1 lomba perpustakaan sekolah SLTA tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut ditetapkan dengan pengumuman Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jawa Tengah Nomor 041/2194 tanggal 8 Mei 2017. Lomba diikuti oleh 6 SMA yang mewakili 6 kabupaten/kota, yang sebelumnya telah diseleksi dari hasil kuisioner dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah. 

 

Hasil pengumuman untuk peringkat kedua  dari SMKN​ Temanggung, peringkat ketiga SMAN 2 Kebumen. Harapan satu SMAN Kaliwiro 1 Wonosobo, Harapan dua SMKN 1 Sragen dan Harapan tiga SMA Negeri 2 Slawi Tegal. 

 

Kepala seksi kegiatan dan perpustakaan Wisata Ilmu SMA Negeri 1 Kutasari, Bambang Yuniarto mengatakan SMA Negeri 1 Kutasari mendapatkan juara satu dengan skor nilai 804. Dengan juara satu, nantinya akan maju lomba perpustakaan tingkat nasional yang akan dilaksanakan penilaiannya pada bulan Juli. 

 

” Juara ini memberi semangat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi peserta didik, bagi pengunjung baik dari dalam sekolah, maupun luar sekolah. Harapannya bisa masuk tiga  besar, sehingga bisa diundang presiden ke istana negara saat peringatan HUT RI tahun 2017,” kata Bambang, Jum’at (12/5).

 

Untuk meraih prestasi 3 besar nasional, lanjut Bambang ada beberapa yang perlu dipersiapkan, seperti menambah koleksi buku, dengan melibatkan semua steakholder yakni partisipasi orangtua siswa, para alumni. Kemudian akan mencari hibah dari berbagai penerbit buku, serta mengajukan proposal bantuan buku ke bapak gubernur. “Mengadakan gerakan literasi, dengan mengadakan perpustakaan kelas, story telling di panggung ekspresi,” tambahnya. 

 

Selain penambahan koleksi buku, Bambang juga mengatakan akan menambah sudut-sudut baca disetiap kelas, yang bertujuan agar setiap anak didik rajin membaca. Sudut-sudut baca nantinya akan berfariasi temanya seperti cukture corner, children corner serta pojok pecinta alam. “Kemudian akan merevitalisasi green house sebagai tempat penelitian dan belajar tentang tanaman anggrek,” katanya. 

 

Sebagaimana diketahui SMA Negeri 1 Kutasari telah dinilai pada tanggal 27 April oleh Tim Juri Lomba Tingkat Propinsi yang diketuai oleh Tri Murti, yang juga Pustakawan Tingkat Jawa Tengah. (Sap’$)

Tulis tanggapan anda: