Sudarto SM: Mengelola Organisasi Tidak Cukup dengan Intelektual

Jakarta, jagatngopi.com–Pengurus Koordinator Cabang PMII DKI Jakarta, Sabtu (7/10) resmi dilantik. Pelantikan yang digelar di Universitas Attahiriyah di kawasan Tebet Jakarta Selatan tersebut dihadiri sejumlah tokoh nasional antara lain KH. AN. Nuril Huda yang juga salah satu pendiri PMII, Jazilul Fawaid (Anggota DPR RI dari PKB), Juri Ardiantoro (Ketua KPU RI Periode 2016-2017) dan Sudarto, MS (Ketua Pemuda Ka’bah), Adin Jauharudin (Ketua UMUM PB PMII Periode 2011-2014), Agus M Herlambang (Ketua Umum PB PMII), Septi Rahmawati (Ketua KOPRI PB PMII).

Turut hadir pula sejumlah kader dan alumni PMII DKI Jakarta yang sekarang sudah berhasil menempati posisi stretagis seperti Muhammad Iqbal (Ketua KPU Jakarta Selatan), Yose Rizal (Komisioner KPU Jakarta Pusat), Wage Wardana (Komisioner Jaktim), dan undangan lain yang mewakili OKP Cipayung Plus HMI, GMKI, PMKRI, IMM, KHMDI, HimaPersis, dan lainnya.

Acara pelantikan yang berlangsung meriah dengan tetap penuh khidmat tersebut diisi beberapa bagian acara di antaranya sambutan dari sesepuh gerakan KH. AN. Nuril Huda, sambutan tuan rumah yang juga Ketua Yayasan Universitas Islam Attahiriyah H. Nasbi, Sudarto, MS sebagai Mabinda PMII DKI Jakarta dan orasi kebangsaan yang disampaikan sahabat Jazilul Fawaid.

Sambutan Para Tokoh

KH. Nuril Huda dalam sambutannya mengatakan jika organisasi tidak dipahami secara kultur dan sejarah maka organisasi bisa hancur. Artinya PMII dalam dinamika pergerakannya harus selalu komitmen pada Nilai Dasar Pergerakan dan asas ke-Aswaja-an demi terwujudnya tujuan luhur PMII yakni terbentuknya pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia yang termaktub pada AD PMII Bab IV Pasal 4). Demikian disampaikan Kyai Nuril – demikian ia sering disapa – yang diusianya yang lanjut masih menyempatkan diri untuk hadir.

Selanjutnya pada akhir sambutannya kiai Nuril mengingatkan kader PMII untuk selalu tawadhu’ dan sabar dalam segala aspek kehidupan.

Sementara itu, Ketua Mabinda PKC PMII DKI Jakarta, Sudarto MS, dalam pengarahannya menyampaikan bahwa seseorang yang mempunyai tingkat kemampuan intelektual dan kecerdasan belumlah cukup sebagai modal dalam mengelola organisasi. Hubungan komunikasi harus senantiasa dibangun secara intens antar anggota atau kader PMII dengan semua tingkatan khususnya kepada para senior guna mewujudkan sinergitas yang lebih baik (networking of organization). Demikian ditegaskan Sudarto dihadapan pengurus dan undangan pelantikan.

Sambutan lain yang merangkai acara Pelantikan antara lain dari Ketua Yayasan Universitas Islam Attahiriyah H. Nasbi yang menyambut baik dan mengapresiasi acara pelantikan. Orasi Ilmiah oleh Sahabat Jazilul Fawaid, Ketua Umum Pengurus Besar PMII, Agus M Herlambang sekaligus membuka Pelatihan Kaderisasi Lanjut (PKL) yang akan berlangsung pada tanggal 12 – 15 Oktober di Pusdiklat Kesejahteraan Sosial RI Jakarta Selatan. Dan diakhiri sambutan ketua umum terpilih PKC PMII DKI Jakarta sahabat Daud Azhari.

Tulis tanggapan anda: