Tari Maumere Goyang Kediri

Semarak HUT TNI ke 72, sudah disiapkan jauh-jauh hari Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0809/Kediri. Persiapan dilangsungkan pagi ini di gedung Makodim Kediri dengan pelatihan tari maumere yang dilakoni anggota Persit KCK. Tari maumere ini sendiri dibawah panduan Suharti dan Yuliani dari UPTD Kecamatan Kota yang juga sering beraktifitas senam bersama di lingkungan Pemerintah Daerah, jumat (22/09/2017)

Diurut dari historis yang sebenarnya, tari maumere yang dimaksud adalah tari hegong , dan ini merupakan salah satu tarian kebesaran masyarakat Maumere di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Tari Hegong ini merupakan tarian adat dan sering ditampilkan di upacara-upacara adat masyarakat Maumere.

Selain itu tarian ini juga digunakan sebagai tarian penyambutan tamu penting yang datang kesana. Dalam perkembangannya, tarian ini masih terus dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat di sana.

Berbagai kreasi dan variasi juga ditambahkan, baik dalam segi gerak, formasi dan musik pengiringnya, namun tidak menginggalkan ciri khas tarian tersebut. Tarian ini juga tidak hanya ditampilkan untuk acara khusus saja, tetapi juga ditampilkan di berbagai acara.

 

Menurut Ny.Rudita Puspitasari, selaku Ketua Persit KCK Kodim Kediri, latihan tari maumere dilakukan secara bertahap. Terlebih dahulu, pelaku tari diperkenalkan gerakan dasar, setelah itu baru variasi gerakan diperkenalkan. 

Tulis tanggapan anda: