Temu Tani Percepat Serapan Gabah Di Pertengahan Tahun

Koramil 15/Kandangan bekerjasama dengan BPP Kecamatan Kandangan, mengadakan sosialisasi minat serap gabah Bulog, untuk menindaklanjuti instruksi Dandim Kediri untuk segera bergerak pada pertengahan tahun ini. Dengan mengumpulkan perwakilan kelompok tani yang berada di Kecamatan Kandangan ,Koramil Kandangan berkomunikasi secara langsung di Balai BPP Kecamatan Kandangan hari ini ,jumat (07/07/2017).

 

Danramil Kandangan, Kapten Czi Kustoyo didampingi BPP Kecamatan Kandangan, Suryono, dan Mantri Pertanian Kecamatan Kandangan, Mujadi, satu persatu memberikan wawasan seputar pentingnya pasokan gabah atau beras ke Bulog, pada acara yang juga diikuti anggota Koramil Kandangan.

 

Kapten Czi Kustoyo menjelaskan, keberadaan petani ditengah-tengah kebutuhan pangan nasional sangat dominan, karena tanpa petani ,kebutuhan pangan masional tidak akan bisa terpenuhi. Tetapi semua cadangan atau pasokan berupa gabah atau beras, ada di pundak Bulog, untuk itu seluruh petani harus memiliki kesadaran masing-masing untuk respon terhadap Bulog.

 

Suryono juga menerangkan kondisi lahan pertanian yang ada saat ini di Kecamatan kandangan, mayoritas di beberapa tempat masih memasuki masa tanam, kalapun masih ada yang mengalami masa panen, itupun sangat sedikit dibanding bulan-bulan sebelumnya. Demikian juga Mujadi, memberikan gamabaran, bila kondisi pertanian yang ada di Kecamatan Kandangan relatif kondusif ,jauh dari serangan hama yang sporadis.

 

Session dengar pendapat juga dilakukan pada acara ini, seperti prosedural dan teknis jual beli gabah atau beras ke Bulog, sebagaian besar petani mengeluh terlalu berbelit-belitnya dalam praktek di lapangan. Disamping itu, jual beli yang ditawarkan para pedagang, jauh lebih cepat, singkat dan praktis serta “cash” dalam pembayaran hasil gabah atau beras.