Tuntaskan Jambanisasi Dengan Gotong Royong

Kodim 0809/Kediri sukses menuntaskan program jambanisasi yang sudah dimulai 2 pekan lalu, dan hari ini jamban-jamban yang tersebar di wilayah Kota / Kabupaten Kediri sudah mulai nampak hasilnya. Sebagaimana diketahui, Kodim Kediri menjalankan program sejuta jamban dengan jargon “Gema Sang Juara” dengan alokasi 415 jamban. Jamban-jamban ini memang sengaja secara khusus ditujukan kepada keluarga tidak mampu dalam hal ekonomi dan memang benar-benar belum memiliki jamban sendiri dirumahnya, selasa (26/09/2017)

 

Pasi Ter Kodim Kediri, Kapten Inf Warsito dalam penjelasannya, program jambanisasi ini mengacu pada kondisi riil dari penerima bantuan jamban, berdasarkan data yang bersumber dari Babinsa di tiap-tiap desa / kelurahan. Data riil itu sendiri sudah harus diketahui Danramil masing-masing untuk dicheck kebenarannya maupun keberadaan si penerima bantuan jamban. Dalam pendataannya, tiap-tiap Babinsa bisa berkonsultasi dengan perangkat desa, Ketua RT, Ketua RW maupun warga sekitar yang dikenal.

 

“Semua data harus valid dan program jamban ini harus benar-benar membawa manfaat yang baik bagi warga. Di Kediri ini masih ada warga yang hanya mengandalkan kamar mandi umum maupun sungai untuk buang hajat. Semoga dengan adanya program jambanisasi ini, sedikit banyak mengurangi jumlah warga yang buang hajat di sungai,” tutur Kapten Inf Warsito.

 

Lebih lanjut, pengecheckan program jambanisasi di beberapa lokasi, sudah dilakukan Kodim Kediri dengan menerjunkan beberapa stafnya untuk meninjau langsung proses pembuatan jamban di rumah-rumah warga. Pengecheckannya sendiri dilakukan secara random dari desa ke desa, agar proses pembuatan jamban akan tepat waktu penyelesaiannya.

 

“Program ini bisa tuntas karena dukungan warga sekitar lokasi jambanisasi, dalam arti kata, gotong royong. Adanya gotong royong inilah yang menjadikan penuntasan jambanisasi bisa tepat waktu. Dari 415 paket jambanisasi ini, 368 jamban dilaksanakan Koramil jajaran Kodim Kediri atau masing-masing Koramil mendapat 16 jamban, sedangkan 47 jamban lainnya dilaksanakan Kodim Kediri,” pungkas Kapten Inf Warsito.

 

Tulis tanggapan anda: