Ulama Berbagi Ilmu, Bukan Provokasi Kebencian

“Mau ke mane lu Dul, udeh rapi pake putih-putih gitu kayak mau ke pengajian pagi-pagi begini…,” sapa Mamat ke Adul yang jalan lewat depan rumah.

“Mau bela ulama Mat. Lu ikut gak? Ulama kita dikriminalisasi nih!”

“Ulama kita? Siape yang ulama?” tanya Mamat.

“Ntu… Habib Rizieq hari ini kan dipanggil kepolisian,” jawab Adul.

“Dul… Dul… elu sih hobby-nye baca brodkes WA aje… kalo belajar agame itu bacanye buku-buku agama… dari sumber dan referensi agama yang bener. Biar pemahaman kite sama agama gak setengah mateng,” saran Mamat.

“Semangat beragama boleh… tapi akal sehat kita juga kudu musti diasah. Jadi beragama jangan cuma pake perasaan doang… akhirnye jadi gampang kesinggung…,” saran Mamat.

Adul diem. Lalu pelan dia ngomong….

“Mat…, gue pinjem duit dong buat ongkos….” bisiknya.

“Dul… Dul… lagu lu mau bela ulama, lah orang yang lu bela naik mobil mewah, elu dapet ape? Emang udeh yakin die bener?” sindir Mamat.

“Mubaligh atau tukang tausiyah itu gak selalu disebut ulama. Santri yang sedang latihan khotbah kalo dipakein jubah dan surban trus ditempatkan di mimbar atau panggung, wartawan bisa nulis orang itu sebagai ustadz dsb. Lalu masyarakat berangsur-angsur menganggap dia sebagai ulama.”

“Padahal sebutan ulama itu disandang seseorang karena ke-ilmu-annya. Apakah layak orang itu bicara dengan dasar ilmu yang mumpuni, memberikan solusi, bukan provokasi apalagi agitasi atau hasutan kebencian,” tutup Mamat.

“Iye deh Mat… gue ngarti sekarang…. Tapi beneran nih hari ini gue lagi gak gablek duit….” Adul lemes.

“Ya udeh, noh gue pinjemin motor, lu narik ojek dah tuh… mending cari duit, daripada ikutan aksi yang gak jelas,” kata Mamat.

Adul sumringah. Senyum lebar banget.

Erri Subakti

Erri Subakti

Analis sosial budaya, pegiat sosial media, penulis, saat ini sedang mempelajari digital marketing. Follow me @errisubakti ( https://twitter.com/errisubakti )

Tulis tanggapan anda: